Struktur Pasar

Pasar, dalam ilmu ekonomi, adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Transaksi jual-beli yang terjadi tidak selalu memerlukan lokasi fisik. Pasar yang dimaksud bisa merujuk kepada suatu negara tempat suatu barang dijual dan dipasarkan.
Pada analisa ekonomi pasar dibagi menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna (meliputi pasar monopoli, pasar monopolistik, dan pasar oligopoli).

1.Pasar persaingan sempurna, merupakan suatu bentuk pasar dimana terjadi interaksi antara permintaan dengan penawaran dimana jumlah pembeli dan penjual sedemikian rupa banyaknya/tidak terbatas. Ciri-cirinya diantaranya jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak, produk/barang yang diperdagangkan serba sama (homogen), konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar, tidak ada hambatan keluar/masuk bagi setiap penjual, pemerintah tidak campur tangan dalam proses pembentukan harga, dan penjual/produsen berperan sebagai pengambil harga.

2.Pasar monopoli, merupakan jenis pasar persaingan tidak sempurna dimana interaksi antara permintaan dan penawaran hanya ada satu penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli/konsumen. Ciri-cirinya diantaranya hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran, tidak ada barang substitusi, produsen memiliki kekuatan penentu harga, dan tidak ada perusahaan lain yang bisa masuk ke pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan perusahaan tersebut.

3.Pasar monopolistik, merupakan jenis pasar persaingan tidak sempurna dimana interaksi antara permintaan dengan penawaran terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama. Jenis pasar ini memiliki sifat monopoli pada spesifikasi barangnya, sedangkan unsur persaingan terdapat pada sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama. Ciri-cirinya adalah terdapat banyak penjual/produsen yang berkecimpung dalam pasar, barang yang diperjual-belikan merupakan diferensiasi produk, penjual memiliki monopoli terhadap barang produknya sendiri, dalam memenangkan persaingan setiap penjual aktif dalam hal promosi, keluar masuk pasar barang/produk relatif lebih mudah.

4.Pasar oligopoli, merupakan jenis pasar persaingan tidak sempurna dimana interaksi permintaan dan penawaran terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar. Ciri-ciri dari jenis pasar ini diantaranya terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar, barang yang diperjual-belikan dapat homogen dan dapat pula diferensiasi produk, terdapat hambatan bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar, dan satu diantara oligopolis merupakan penjual yang memiliki pangsa pasar, penjual ini memiliki kekuatan besar dalam menetapkan harga dan para penjual lainnya harus mengikuti harga pasar tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar