Google URL Shortener - Layanan baru google

Google kini meluncurkan layanan baru yaitu layanan untuk mempersingkat URL yang bernama Google URL Shortener Servis yang telah di berikan google kepada interneter sudah banyak sekali dan sangat membantu blogger dan interneter salah satunya yaitu Google Chrome OS dan masih banyak lagi.


Kita sudah tahu banyak layanan untuk mempersingkat alamat URL yang panjang seperti bit.ly, tinyurl dan youtu.be, layanan-layanan yang telah di tawarkan situs-situs tersebut cukup membantu interneter untuk mempersingkat alamat URL nya yang mana sobat tahu layanan social network seperti twitter membatasi penggunaaan karakter alhasil kita harus mempersingkat alamat URL yang sebelumnya panjang agar lebih singkat dan padat.

Fitur Google URL Shortener

Sayangnya Google URL Shortener baru bisa digunakan menggunakan Google Toolbar dan juga layanan FeedBurner. Jadi Google belum membuat situs khusus untuk mengakses layanan ini. Tetapi  ke depannya Google merencanakan untuk memperluas cakupan layanan ini untuk umum, sambil mengamati perkembangan penggunaannya.

Kelebihan Google URL shortener

Dibandingkan layanan penyingkat URL lain dari situs sudah selama ini, Google mengklaim bahwa layanan Google URL Shortener ini punya beberapa keunggulan:
  • Stability: Google's scalable, multi-datacenter infrastructure provides great uptime and a reliable service to our users.
  • Security: As we do with web search, shortened URLs are automatically checked to detect sites that may be malicious and warn users when the short URL resolves to such sites.
  • Speed: At Google we like fast products and we've worked hard to ensure this service is quick. We'll continue to iterate and improve the speed of Google Url Shortener.

Alamat URL yang telah disingkat nantinya akan menggunakan embel-embel goo.gl atau menjadi  http://goo.gl/mR2d. Situs  Google URL shortener  sendiri saat ini hanya menampilkan pemberitahuan bahwa situs ini adalah situs Google URL Shortener, jadi memang belum bisa digunakan langsung untuk mempersingkat URL dari situs itu, melainkan harus menggunakan Google Toolbar atau Google FeedBurner.


Lah terus bagaimana cara pakai nya ? Berikut ada cara alternatif kalau memang sobat ingin menggunakan layanan Google URL shortener tanpa harus menginstal google toolbar, silahkan kunjungi situs berikut untuk mencoba nya http://urlpeak.com/goo.gl/



Share artikel ke Social Bookmarking dengan Google Toolbar

Google toolbar kali ini benar-benar sangat membantu buat saya karena terdapat banyak fitur tambahan di bandingkan google toolbar sebelumnya, jika sobat tertarik menggunakan layanan Google URL Shortener untuk share ke berbagai situs social boomarking, silahkan install Google Toolbar di browser sobat.


Publish Artikel ke Twitter dengan Google URL Shortener



Buat sobat blogger yang ingin menggunakan atau sekedar ingin mencoba layanan ini, kunjungi  Google FeedBurner, silahkan masuk ke tab Publisize, klik Socialize, dan menambahkan akun Twitter. Nantinya, artikel kita akan secara otomatis dipublish ke Twitter, Untuk cara dan lebih lengkapnya  sobat bisa kunjungi Socializing your feed with twitter.

0 komentar:

Posting Komentar